Pengembangan Geopark Silokek Sijunjung Sumatera Barat Secara Partisipatif




Assalamualaikum Wr Wb.

Sobat Rilekser yang berdomisili di Sumatera Barat, saat ini Geopark adalah sebuah model baru dalam cara meningkatkan kunjungan wisata ke suatu daerah.

Menurut Wikipedia :
Taman bumi (Geopark) adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana. Terdapat istilah Taman Bumi Global serta juga Taman Bumi Nasional.
Geopark Silokek diresmikan oleh Bupati Sijunjung pada Tanggal 8 Februari 2018, sebagai salah satu dari 9 Geopark Sumatera Barat.
Lokasinya disini :



Penulis rilekser merupakan salah satu pemerhati Wisata yang berdomisili dekat dengan kawasan ini, untuk itu Rilekser mencoba berbagi analisa SWOT tentang Pengembangan Pariwisata Sijunjung secara Partisipatif di Kabupaten Sijunjung, khususnya untuk pengembangan Geopark Silokek.

Alhamdulilah, penulis pernah mengenyam S2 di Institut Teknologi Bandung pada Tahun 2006, dan mengikuti perkuliahan Perencanaan Pariwisata bersama Professor Drs Arief Rosyidi, Ph.D, dan untuk itu Rilekser mencoba mengimplementasikan Perkulian Perencanaan Pariwisata untuk kawasan Wisata geopark Silokek Sumatera Barat.

Mungkin ini sekelumit paparan awal untuk pengembangannya, semoga bermanfaat, bagi yang membutuhkan File Powerpoint dapat menghubungi Whatsapp 085376312169 atas nama Salim,




Penulis menyadari masih banyak kekurangan disana sini, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.